Se-ma-ngat!

Image‘Semangat’ bagi saya adalah sebuah kata elok yang dapat memberikan motivasi lebih kepada mereka yang sedang diuji. Saya memiliki kebiasaan untuk memberikan semangat untuk orang-orang yang sedang (terlihat) murung, atau memang sudah jelas sedang dirundung masalah. Meskipun banyak huruf di kata semangat hanya ada delapan, tetapi ketika disampaikan -paling tidak, ketika disampaikan kepada saya- rasanya ada berjuta energi hangat yang tersalurkan.

Orang-orang yang memberikan semangat -meski mereka (mungkin) tidak tau tentang masalah yang sedang dihadapi- kepada lawan bicaranya -yang terindikasi memang sedang murung- bagi saya adalah adalah orang-orang yang baik hati dan peduli terhadap masalah orang lain.

Mereka yang sedang diuji, adalah mereka yang diberikan quest oleh-Nya. Quest yang akan menaikkan level mereka, yang sejatinya akan dapat mengembangkan berbagai potensi terpendam yang sebelumnya bias. Saat melalui quest tersebut, mereka mungkin tidak memiliki party member yang dapat menolong, mereka mungkin bingung harus menggunakan item apa, mereka mungkin sudah tidak mempunyai harapan lagi untuk mengalahkan boss terkuat yang harus dihadapi. Terkadang, memberikan semangat adalah bantuan terbaik yang dapat kita lakukan kepada mereka, selain dengan mendoakan.

Saya selalu percaya bahwa perbuatan yang ‘kecil’ seperti menyemangati dapat menjadi hal yang sangat berarti bagi orang lain. Pada mereka yang sedang jatuh, tentu kita tidak akan tau kesulitan mereka jika tidak langsung menanyakannya. Dan, dengan memberikan semangat, kita tidak harus tau apa yang saat ini mereka hadapi–ini bukan berarti kita tidak usah peduli akan masalah mereka, akan lebih baik jika kita berusaha membantu mereka dengan segala upaya yang dapat kita lakukan.

Secara pribadi, saya sangat menghargai orang-orang yang memberikan semangat di kala mudah maupun sulit. Singkatnya, saya suka menyemangati dan disemangati. Bahkan saya senang ketika saya melihat orang lain menyemangati orang yang lain lagi, seakan semangat orang yang menyemangati tersebut, teralirkan ke dalam diri saya.

Jadi, semangat ya semuanya! 😀

Leave a Reply

