Series

Math!

Bukan, ini bukanlah tentang film atau drama seri yang sering kau tonton di layar kaca. Ini adalah cerita perihal series yang lain. Tentang definisi dari kata ‘series’ itu sendiri; tentang deret.

Laurent, Riemann, Taylor, adalah sebagian kecil dari berbagai macam deret yang telah ditemukan lalu. Kau boleh mencarinya di Wikipedia atau Google terlebih dahulu jika belum tahu. Rumitkah itu? Pasti begitu. Tapi aku sangat menyukai itu. Kalau kau penasaran, itulah yang kupelajari setiap waktu. Hal ini membutuhkan sedikit hafal-menghafal; namun lebih memerlukan pemahaman konsep. Lagi, ini hal yang kusuka. Aku tidak bisa seperti dirimu: sang pemilik memori andal yang mampu (dan harus) menghafal ribuan istilah aneh. Namun, saat ini aku harus berusaha menghafal berbagai macam klausa; suatu pekerjaan yang aku tiba-tiba (dan harus) menyukainya.

Secara umum, ada dua jenis deret; yang diklasifikasikan berdasarkan hasil yang dapat diperoleh; deret konvergen dan deret divergen. Suatu deret dikatakan konvergen jika jumlahan deret dapat direpresentasikan ke dalam suatu bilangan kompleks. Sedangkan, deret divergen; tidak ada yang tahu berapa hasil jumlahannya, bahkan hasilnya dapat menuju infinity. Simpelnya, deret konvergen memiliki ‘ujung’, sedang deret divergen tidak. Namun, ketidakpastian yang dimiliki deret divergen seringkali menarik.

Aku selalu penasaran dengan akhir dari kisah ini. Karena, tentu saja; segala hal yang ada di dunia ini akan mengalami terminasi. Seperti deret konvergen itu. Tidak pandang bulu. Namun, yang seringkali terlupakan; ini membutuhkan penantian waktu. Semoga saja, semuanya tak ada yang semu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s