Tentang Inspirasi

Saya selalu percaya bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja. Termasuk dari seorang kawan yang baru-baru ini entah mengapa bisa jadi (lebih) akrab. Dulu rasanya bisa sangat aneh untuk sekadar bertegur sapa, tapi entah mengapa sekarang malah cair berdiskusi, bahkan hingga ke masalah rumit seperti fiqih. Makin mengenalnya, saya hanya bisa kagum, terpana. Saya merasa tertampar. Keras. Bolak-balik.

Ia berwajah sipit dan tipikal geek. ‘Fasilkom’ banget, kalau boleh meminjam istilah yang cukup populer di sini. Jika dinilai dari perawakan, siapa pun yang pertama kali melihatnya tidak akan mengira bahwa ia ternyata adalah seorang Muslim. Yang sangat memberikan diferensiasi–dan hal ini yang menjadi sumber determinan dari lautan inspirasi yang diberikannya–adalah fakta bahwa ia seorang mualaf.

Eksistensinya acapkali membuat diri ini tersentak; serasa saya tidak pernah berbuat apa-apa hingga berada di titik ini. Ngapain aja saya selama ini. Sudah melakukan apa buat dunia. Surga masih sangat jauh jika ternyata saya kedapatan melihat dirinya masih berjuang, meski segala keterbatasan menghadang pencarian kebenaran yang diperjuangkannya. Bagaikan kristalisasi sebuah janji Allah bahwa Dia-lah yang paling berhak membolak-balikkan hati, walau seluruh dunia ini telah bersepakat untuk berkata tidak.

Ia, dibandingkan saya yang Muslim sejak lahir; telah mulai meninggalkan hal-hal syubhat, rajin shalat berjamaah di awal waktu, mulai belajar mati-matian membaca kitab suci; parahnya lagi, setiap saya ditakdirkan bertemu dengannya, ia setidaknya mengucapkan satu di antara kalimat yang sangat membuat saya tersentuh; tentang meneguhkan kebesaran Allah: syukur (alhamdulillah), pengusahaan untuk ikhtiar (insya Allah), salam (assalamu’alaykum). Seakan semesta berkonspirasi untuk memberikan teguran kepada diri ini yang masih harus banyak belajar, berkorban, dan belajar berkorban. Terima kasih banyak atas inspirasinya.

Jadi, sekarang mau apa?

Leave a Reply

